Sabtu, 15 November 2014

CERAMAH MENGAPA WANITA HARUS BERJILBAB



MENGAPA WANITA HARUS BERJILBAB ?

Rekan-rekanku yang dimuliakan Allah SWT!!!

Segala  puji hanya untuk Allah SWT yang telah memberikan kehidupan kepada kita semua, salawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada baginda Rasulullah SAW sebagai manusia yang luar biasa perjuangannya dalam menjaga kemurnian nilai Islam.
Rekan-rekanku yang dimuliakan oleh Allah SWT!!
Mengapa wanita harus berjilbab?. Pertanyaan  ini sangat penting namun jawabannya justru jauh lebih penting. Satu pertanyaan yang membutuhkan jawaban yang cukup panjang. Jilbab atau hijab merupakan satu hal yang telah diperintahkan oleh sang pembuat syariat. Sebagai syariat yang memiliki konsekwensi jauh kedepan, menyangkut kebahagiaan didunia dan akhirat. Jadi, persoalan jilbab bukan hanya persoalan adat ataupun mode fashion jilbab adalah busana universal yang harus dikenakan oleh wanita yang telah mengikrarkan keimanannya. Tak perduli apakah ia muslimah arab, Indonesia, eropa ataupun cina. Karena perintah mengenakkan hijab ini berlaku umum bagi segenap muslimah yang ada disetiap penjuru bumi.
Berikut kami  ulas sebagian jawaban dari pertanyaan di atas:
Pertama: sebagai bentuk  ketaatan kepada Allah dan Rasulul-Nya. Ketaatan merupakan sumber kebahagiaan dan kesuksesan besar di dunia dan akhirat. Seseorang tidak akan merasakan manisnya iman manakalah ia enggan merealisasikan , mengaplikasikan  serta  melaksanakan segenap perintah Allah dan RasululNya.

Rasulullah  SAW bersabda:
“ sungguh akan merasakan manisnya iman, seseorang yang telah rela Allah sebagai Rabb, Islam sebagai agama, dan Muhammad sebagai Rasul utusan Allah (HR. Muslim)
Kedua: pamer aurta dan keindahan tubuh merupakan bentuk maksiat yang mendatangkan murka Allah dan RasulNya.

Allah SWT berfirman:
$tBur tb%x. 9`ÏB÷sßJÏ9 Ÿwur >puZÏB÷sãB #sŒÎ) Ó|Ós% ª!$# ÿ¼ã&è!qßuur #·øBr& br& tbqä3tƒ ãNßgs9 äouŽzÏƒø:$# ô`ÏB öNÏd̍øBr& 3 `tBur ÄÈ÷ètƒ ©!$# ¼ã&s!qßuur ôs)sù ¨@|Ê Wx»n=|Ê $YZÎ7B ÇÌÏÈ
Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang mukmin, apabila Allah dan rasul-Nya Telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. dan barangsiapa mendurhakai Allah dan rasul-Nya Maka sungguhlah dia Telah sesat, sesat yang nyata. ( Al Ahzab: 36)

Ketika wanita yang pamer aurat dan keindahan tubuh sama artinya dia telah berani menampakkan kemaksiatan secara terang-terangan.
Ketiga: sesungguhnya Allah telah memerintahkan hijab untuk meredam berbagai macam fitnah (kerusakan)
Jika berbagai macam fitnah redup dan lenyap, maka masyarakat yang dihuni oleh kaum wanita berhijab akan lebih aman dan selamat dari fitnah. Sebaliknya, masyarakat  yang dihuni oleh wanita yang gemar bertabarruj, pamer aurat dan keindahan tubuh, sangatlah rentan pelecehan terhadap ancaman berbagai fitnah dan pelecehan seksual serta gejolak  syahwat yang membawa malapetaka dan kehancuran yang sangat besar.
Keempat: tidak berhijab dan pamer perhiasan akan mengundang fitnah bagi laki-laki .
Seorang wanita apabila memamerkan bentuk tubuh dan perhiasannya di hadapan laki-laki non mahram, jelas akan mengundang per hatian kaum laki-laki,hidung belang dan serigala berbulu domba.jika ada kesempatan mereka pasti akan memangsa dengan ganas lakssana singa sedang kelaparan. Seorang penyair berkata “berwal dari pandangan lalu senyuman kemudian salam lalu di susul pembicaraan lalu berakhir dengan janji dan pertemuan.
Rekan-rekanku yang dimuliakan oleh Allah SWT!!
Dari uraian di atas , nampaknya sudah jelas bahwa mengapa wanita harus menggunakan jilbab. Berjilbab merupakan kewajiban yang telah Allah tetapkan untuk wanita muslim yang telah baligh. Berjilbab sejatinya adalah bentuk ketaatan wanita muslim kepada Allah SWT.

Demikian dakwah yang saya sampaikan , semoga bisa menjadi penuntun buat kehidupan kita sehari-hari.
Dan saya akhiri wassalamu ‘Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar